Siapa yang nggak kenal Toyota Supra? Mobil sport asal Jepang yang udah jadi legenda di dunia otomotif, terutama di kalangan pencinta JDM (Japanese Domestic Market). Dari zaman ke zaman, Supra terus berevolusi dan makin sangar. Yuk, kita gaspol lihat sejarahnya bareng Om Moobil!
Generasi Pertama (A40/A50) - 1978-1981 Awal mula Supra hadir sebagai varian dari Celica, namanya Celica Supra. Mesin enam silinder 2.0L atau 2.6L bikin performanya lebih gahar dibandingkan Celica biasa. Desainnya masih khas mobil era 70-an, panjang dan aerodinamis. Bisa dibilang, ini cikal bakal kejayaan Supra!
Generasi Kedua (A60) - 1981-1986 Nah, di sini Supra mulai cari jati diri. Masih satu platform sama Celica, tapi udah makin keren dengan mesin 2.8L inline-six. Desainnya lebih tajam dan agresif, plus lampu pop-up yang jadi ciri khas mobil sport 80-an. Auto keren kalau dipakai jalan-jalan!
Generasi Ketiga (A70) - 1986-1993 Supra akhirnya lepas dari bayang-bayang Celica dan jadi model sendiri. Generasi ini udah dibekali mesin turbocharged 3.0L inline-six yang lebih bertenaga. Ditambah lagi dengan teknologi keren kayak suspensi independen dan ABS. Pokoknya, makin layak disebut mobil sport sejati!
Generasi Keempat (A80) - 1993-2002 Ini dia Supra yang bikin semua orang jatuh cinta! Pakai mesin 2JZ-GTE 3.0L twin-turbo inline-six, mobil ini bisa ngeluarin tenaga sampai 276 hp (dan bisa lebih kalau dioprek). Desainnya juga aerodinamis dan agresif, makin tenar setelah muncul di film "The Fast and the Furious". Supra A80 adalah mobil impian banyak orang, apalagi di dunia balap dan modifikasi!
Generasi Kelima (A90) - 2019-Sekarang
Setelah absen hampir dua dekade, Supra akhirnya comeback di tahun 2019. Generasi ini dikembangkan bareng BMW, pakai mesin 3.0L turbocharged inline-six dari BMW dengan tenaga sekitar 382 hp. Meskipun ada pro dan kontra soal kemurnian JDM-nya, Supra A90 tetap jadi mobil sport modern yang nggak bisa diremehkan!
0 Comments